HNI Rayakan Milad ke-13, Gaungkan Semangat Kolaborasi Menjayakan Negeri

HNI Rayakan Milad ke-13, Gaungkan Semangat Kolaborasi Menjayakan Negeri
Direktur Utama PT HNI Agung Yulianto.(Dok HNI)

HALAL Network International (HNI) merayakan Milad ke-13 di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Minggu (21/9). 

Perayaan ini mengusung tema Kolaborasi Menjayakan Negeri’ yang menekankan pentingnya kerja sama lintas sektor untuk memperkuat ekonomi umat dan bangsa.

Direktur Utama PT HNI Agung Yulianto mengatakan meski dunia tengah dilanda krisis ekonomi global, produk-produk HNI tetap bertumbuh.

Menurutnya, kunci keberhasilan ini adalah kolaborasi, sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW dan para pendiri bangsa Indonesia.

“Rasulullah selalu berkolaborasi dengan berbagai komponen masyarakat dalam membangun peradaban, baik di bidang pemerintahan maupun ekonomi. Pendiri bangsa kita juga melakukan hal yang sama, seperti NU dan Muhammadiyah yang memiliki kontribusi besar dalam sejarah Indonesia,” ujar Agung dalam sambutannya.

Agung menambahkan, HNI telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk 100%, Universitas YARSI dalam riset herbal, dan Dewan Masjid Indonesia (DMI). 

“Kami tidak hanya menjadi jaringan produk halal, tetapi juga membangun platform kolaborasi untuk kemajuan umat,” tegasnya.

Perusahaan yang kini memiliki jutaan mitra dan ribuan Halal Mart di seluruh Indonesia ini akan terus mengembangkan jaringan bisnisnya dengan menghadirkan produk halal, sehat dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Terkait seruan boikot produk afiliasi Israel, Agung menyebut HNI mendapat berkah dari situasi tersebut karena menjadi alternatif utama bagi konsumen yang ingin meninggalkan produk-produk terafiliasi dengan Israel.

“Alhamdulillah, HNI memfasilitasi konsumen yang ingin benar-benar mendukung produk asli Indonesia. Produk kami 100% lokal, sehingga selain halal juga membantu mengurangi ketergantungan impor dan menjaga devisa negara”, ujarnya.

Tokoh nasional sekaligus mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, yang hadir dalam acara tersebut, mendorong HNI untuk memperluas pasar, termasuk ke generasi muda seperti Gen Z dan Gen Alpha. Menurutnya, generasi muda adalah segmen potensial yang membutuhkan pendekatan digital dan kreatif.

“Gen Z sangat kritis dan detail dalam memilih produk. Mereka ingin tahu kehalalan dan kualitas sebuah produk secara transparan. HNI bisa memanfaatkan peluang ini dengan membangun platform kolaborasi digital yang menghadirkan konten inspiratif, produk berkelanjutan, serta memberi dampak sosial positif,” kata Sandiaga.

Ia optimistis HNI terus melebarkan sayap melalui inovasi dan strategi pemasaran yang relevan dengan gaya hidup generasi muda.

Dalam acara yang dipandu Arie Untung dan Denny Chandra serta dimeriahkan penampilan Wali Band tersebut juga dihadiri Ketua ICMI Pusat Arif Satria, Sekjen APLI Ina H Rahman, dan Ketua Umum BKsPPI KH. Didin Hafidudin. 

Acara itu juga mengumpulkan donasi untuk saudara muslim di Palestina dengan total Rp3,4 miliar.

Sebagai bentuk apresiasi di acara milad, HNI memberikan penghargaan Annual Awarding HNI 2025 kepada mitra berprestasi. (E-4)

[OTOMOTIFKU]