Ikuti Arahan OJK, Literasi Keuangan Juga Menyasar Penyandang Disabilitas

Ikuti Arahan OJK, Literasi Keuangan Juga Menyasar Penyandang Disabilitas
Ilustrasi(Dok ist)

PT FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance), perusahaan asuransi jiwa yang berfokus pada nasabah dengan dukungan teknologi, menghadirkan rangkaian program kepedulian sosial bertajuk Community Care Month sepanjang Agustus dan September 2025.

“Lewat Community Care Month, kami ingin mewujudkan nilai perusahaan serta mendorong keterlibatan karyawan dalam aksi sosial bagi komunitas dan masyarakat. Melalui Community Care Month, kami juga mengundang tenaga pemasar dan nasabah ikut serta sehingga kegiatan ini berdampak positif lebih luas,” ungakp Chief Human Resources & Marketing Officer FWD Insurance Rudy F Manik, di Jakarta, Selasa (23/9).

Dia menjelaskan Community Care Month dimulai dengan pelaksanaan sesi in-class education JA SparktheDream di Bali. Program literasi keuangan yang memasuki tahun ketiganya ini diselenggarakan bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) yang membekali siswa SMP dengan pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan pribadi agar mereka mampu mengendalikan masa depan finansial. “JA SparktheDream pada Community Care Month ini bagian dari rangkaian program yang dimulai pada awal 2025,” ujarnya.

Pada tahun ini, terang dia, JA SparktheDream menginjakkan tahun ketiga sejak pertama kali diperkenalkan, dengan target tahun ini menjangkau 2.000 siswa SMP di beberapa kota di Indonesia.

“Kami melibatkan karyawan kami untuk jadi relawan yang turut berperan sebagai mentor,” ucap Rudy.

Selain itu, kata dia, FWD Insurance melanjutkan kerja sama dengan PJI dan menggelar Financial Inclusion and Education for Successful Thoughts and Actions (Fiesta).

Program ini sebagai literasi keuangan inklusif bagi siswa disabilitas tingkat sekolah menengah dengan format kegiatan edukasi interaktif satu hari. Ini merupakan penyelenggaraan Fiesta kedua pada 2025 yang bertepatan dengan inisiatif Community Care Month.

“Program Fiesta yang diselenggarakan dalam rangkaian Community Care Month melibatkan 60 siswa dari SLB Santi Rama Jakarta dengan pendekatan game-based learning yang menyenangkan,” terangnya.

Program Fiesta juga sejalan dengan pedoman Setara (sustainability, empowerment, transparency, accountability, responsibility, awareness) yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong pelaku industri jasa keuangan dalam menerapkan program keberlanjutan yang berdampak langsung pada masyarakat. Dalam hal ini, fokus pada literasi keuangan inklusif, termasuk bagi penyandang disabilitas.

“Kami percaya tiap orang termasuk anak-anak difabel berhak mendapatkan kesempatan sama untuk belajar dan memahami pentingnya literasi keuangan. Melalui program ini, kami ingin membuka jalan agar akses keuangan yang adil bisa dirasakan semua orang,” tambah Rudy.

Ia menambahkan pihaknya juga menggelar kegiatan donor darah di Pacific Century Place, Jakarta. Kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, Pacific Century Place Jakarta, Citibank, N A, Indonesia (Citi Indonesia), The Executive Centre, Timezone Indonesia, dan Amorepacific Indonesia.

“Kami berharap Community Care Month ini mendorong budaya volunteering pada karyawan kami dan tenaga pemasar secara berkelanjutan, sejalan dengan visi perusahaan yakni mengubah cara pandang masyarakat terhadap asuransi,” tutup Rudy. (H-2)

 

[OTOMOTIFKU]