
DI usia yang memasuki tahun ke-13, PT Niaga Nusa Abadi (NNA) semakin menegaskan komitmennya untuk #13erevolusiGesit. Berkiprah sejak 2012, NNA memiliki puluhan titik distribusi yang menjangkau pasar tradisional dan modern.
Cakupan rantai distribusi yang luas hingga menyentuh pelosok tanah air yang didukung puluhan armada transportasi dan ribuan personil penjualan terbaik di kelasnya, yang sigap hadapi dinamika pasar.
Direktur PT NNA Daniel Dana kemarin menyatakan, #13erevolusiGesit, menjadi tema besar yang diusung NNA dengan perwujudan Central Warehouse (CWH) yang dihadirkan di Kudus, Jawa Tengah. Fasilitas pergudangan seluas 6900 meter ini, menjadi sentral logistik utama NNA yang menggantikan peran gudang hub di Semarang, Bandung dan Surabaya. Dilengkapi dengan total 8 unit gudang, pemanfaatan setiap ruangnya terpusat dalam satu kendali manajemen.
“CWH mengendalikan operasi logistik yang melibatkan berbagai pihak dalam rantai pasok untuk terkoordinir dengan lebih baik dan tepat guna, sehingga pemenuhan data real time dapat disajikan secara cepat,” tuturnya.
Menurut Daniel, CWH menjadi salah satu langkah strategis dari kecermatan NNA dalam mewujudkan kinerja gesit. CWH mengoptimalkan pengelolaan inventaris yang terstruktur, sehingga aktivitas penyimpanan dan pengiriman dalam menjamin ketersediaan stok barang di pasar dapat terwujud. CWH juga menjadi penguat utama rantai pasok NNA dengan memusatkan seluruh aktivitas logistik dan distribusi di satu lokasi, pengelolaan stok dan pengiriman menjadi lebih efisien dan terorganisir.
“Optimalisasi dalam sistem pergudangan ini mengedepankan kerja gesit, yang berfokus pada kualitas produk yang konsisten hingga ke tangan konsumen, tentunya hal demikian menjadi nilai tambah bagi mitra NNA,” ungkapnya.
Daniel menambahkan, tak berhenti sampai di sentralisasi manajemen logistik, dalam menghadapi tantangan pasar yang semakin kompleks, NNA meningkatkan sistem integrasi berbasis teknologi digital dalam sistem operasionalnya, guna bertindak lebih responsif terhadap kebutuhan pelanggan dan mitranya.
PEMBARUAN SISTEM APLIKASI
Pembaharuan sistem aplikasi berbasis digital ini, kini dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang bertindak sebagai alat kerja pendukung bagi tim penjualan, seperti halnya otomatisasi report dan dashboard real-time.
“Sistem ini sekaligus ditargetkan untuk mengawasi elemen-elemen penting dalam keseharian tim penjualan, seperti frekuensi dan sasaran kunjungan tim penjualan di lapangan, pencapaian penjualan, efektivitas promosi dan masih banyak lagi. Perencanaan ke depan yang tak kalah pentingnya, NNA tengah menyiapkan fasilitas belajar yang ditujukan bagi setiap personil penjualan dengan mengoptimalkan teknologi digital melalui platform web e-learning,” paparnya.
Aplikasi belajar yang dapat diakses secara daring ini lanjut Daniel, dirancang sebagai bekal pendidikan berkelanjutan yang menyediakan beragam materi penunjang kompetensi diri, mulai dari strategi
penjualan hingga pengetahuan produk, memastikan setiap personel memiliki keahlian yang relevan dengan tuntutan industri.
“Aplikasi yang ditargetkan untuk diluncurkan pada tahun 2026 mendatang, nantinya akan memberikan kemudahan akses pembelajaran kapan dan dimana saja, untuk mendorong peningkatan produktivitas waktu luang setiap personil penjualan,” tandasnya.
Jadi, kata Daniel, #13erevolusiGesit, bukan sekedar jargon tanpa aksi, namun upaya kinerja gesit yang dilakukan secara holistik. Mulai dari sentralisasi logistik, optimalisasi teknologi digital dalam alat pendukung kerja, hingga pembekalan pendidikan peningkatan kompetensi diri bagi setiap personil penjualan.
“Gesit bukanlah sekedar bergerak cepat, melainkan cermat dalam merespon dan melangkah hadapi tantangan sebagai peluang. Semangat #13erevolusiGesit, tak sekedar jargon, namun sebagai pengingat bagi setiap rekan NNA dalam komitmennya untuk sigap dan adaptif dengan perubahan zaman,” sambungnya. (E-2)
[OTOMOTIFKU]