Great Eastern Indonesia Babak Baru, Komitmen Nyata untuk Masa Depan yang Lebih Lestari

Great Eastern Indonesia: Babak Baru, Komitmen Nyata untuk Masa Depan yang Lebih Lestari
Great Plogging Day di MidPlaza, kantor Great Eastern General Insurance Indonesia(Doc Great Eastern Indonesia)

INDONESIA tengah menghadapi tantangan besar dalam pengelolaan sampah. Laporan Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025–2045 yang dirilis Bappenas memperkirakan timbulan sampah nasional mencapai 63 juta ton pada 2025 dan melonjak hingga 82,2 juta ton pada 2045.

Pemerintah pun menargetkan sektor limbah padat domestik menuju nol emisi karbon (net zero emission/NZE) pada 2050, menegaskan bahwa persoalan sampah bukan lagi sekadar kebersihan lingkungan, melainkan bagian penting dari mitigasi perubahan iklim.

Sejalan dengan tantangan tersebut, sekaligus memperingati World Cleanup Day (20 September) dengan tema “Menuju Indonesia Bersih 2029” serta Zero Emission Day (21 September), Great Eastern Life Indonesia bersama Great Eastern General Insurance Indonesia menggelar Great Plogging Day.

Inisiatif ini bukan hanya gerakan olahraga sambil memungut sampah, melainkan simbol nyata dari perjalanan babak baru Great Eastern Indonesia setelah peluncuran logo baru pada 26 Agustus 2025.

Acara ini dilaksanakan di MidPlaza, kantor Great Eastern General Insurance Indonesia, dan secara resmi dibuka dengan flag-off oleh Roy Hendrata Gozalie, Marketing Director Great Eastern Life Indonesia, bersama Andy Soen, Finance Director Great Eastern General Insurance Indonesia.

Para peserta kemudian melakukan plogging di area Car Free Day sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, yang menjadi ruang publik bagi warga untuk berolahraga sekaligus menjaga lingkungan.

Sebanyak 100 peserta yang terdiri dari karyawan Great Eastern Indonesia dan Financial Advisor ikut ambil bagian dalam aksi ini. Mereka berhasil mengumpulkan 157,08 kilogram sampah anorganik yang didominasi plastik, styrofoam, kertas, dan dus.

Seluruh sampah kemudian dikelola secara berkelanjutan melalui kolaborasi dengan Rekosistem, dengan tingkat daur ulang (recycling rate) yang mampu menurunkan emisi karbon sebesar 44,178 kilogram CO₂. Acara ditutup dengan sesi zumba bersama yang menghadirkan energi positif, keceriaan, serta memperkuat kebersamaan di antara para peserta.

Lebih dari sekadar aksi lingkungan, kegiatan ini menegaskan peran Great Eastern Indonesia sebagai satu kesatuan brand yang menghadirkan kontribusi nyata bagi masyarakat, lingkungan, dan generasi mendatang. Melalui semangat Reach for Great, perusahaan percaya bahwa kebersihan dan kesehatan diri harus berjalan beriringan dengan keberlanjutan lingkungan.

“Great Plogging Day ini bukan sekadar olahraga bareng, tapi bukti nyata komitmen kami setelah meluncurkan logo baru. Bagi Great Eastern Indonesia, perubahan bukan hanya soal visual, melainkan aksi nyata untuk lingkungan. Dengan semangat #JadiHebat dan Reach for Great, kami percaya langkah kecil seperti memungut sampah saat jogging bisa membawa dampak besar bagi bumi dan generasi mendatang. Inilah cara kami mewujudkan Reach for a Greater Tomorrow, bukan hanya untuk hari ini, tapi juga untuk generasi berikutnya,” jelas Roy Hendrata Gozalie, Marketing Director Great Eastern Life Indonesia.

“Sebagai satu Great Eastern Indonesia, kami ingin menunjukkan bahwa semangat baru yang kami bawa juga berarti kontribusi nyata untuk masyarakat dan lingkungan. Melalui Great Plogging Day, kami mengajak karyawan, mitra, dan komunitas untuk bergerak bersama menjaga kebersihan, mengurangi sampah, dan memilih gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Inilah wujud Reach for Great yang sesungguhnya, saat kita tidak hanya menjaga diri, tetapi juga mewariskan bumi yang lebih baik sebagai bagian dari Reach for a Greater Tomorrow,” tambah Chun Ling, Marketing Director Great Eastern General Insurance Indonesia.

Melalui babak baru yang dimulai dengan penyegaran logo, Great Eastern Indonesia meneguhkan tekad untuk berkontribusi lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan.

Great Plogging Day menunjukkan bagaimana kolaborasi sederhana dapat menciptakan perubahan bermakna, sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mewujudkan masa depan yang lebih bersih, sehat, dan lestari demi generasi mendatang yang siap Jadi Hebat, Reach for Great. (Adv)

[OTOMOTIFKU]